Perhatian: satu arti beda makna

Dalam KBBI perhatian diartikan sebagai hal memperhatikan, minat. Menilik pengertian perhatian dalam bahasa inggris, terdapat dua kata yang sering lebih muncul diantara lainnya, yaitu attention dan interest.

 

Attention: the action of turning one’s mind to something; special care or action; Attentive: giving close attention to someone/something.  

Interest: a state of wanting to learn or to know about something; a quality in something that attract somebody attention and makes them want to know;

 

Dari pengertian di atas yang dimaksud perhatian adalah (1) perubahan dalam pikiran karena sesuatu, (2) sesuatu yang bersifat khusus, (3) keinginan tahuan tentang sesuatu atau seseorang, (4) kualitas dalam diri seseorang yang mengundang keingin-tahuan orang lain.

 

Attention dan Interest memiliki hubungan yang sangat dekat. Terjadi gradasi dalam hubungan keduanya, sederhananya perhatian yang terjadi dalam kehidupan kita adalah perubahan InterIest menjadi Attention. Ketika kita melihat seseorang yang lain maka akan muncul perhatian yang dinamakan interest, yaitu keinginan untuk tahu siapa, apa, dan bagaimana seseorang tersebut. Sedangkan di saat kita sudah mengenalnya maka yang harus dimunculkan adalah Attention.

Apa yang membedakan keduanya? Interest adalah perhatian yang didasarkan pada kebutuhan kita untuk mengetahui, artinya adanya sesuatu yang tidak kita miliki atau tidak kita ketahui yang akan memuaskan batin kita ketika sesuatu itu kita miliki atau kita ketahui. Sedangkan, Attention adalah perhatian yang didasarkan pada pemahaman yang kita dapatkan dari kedekatan kita dengan seseorang atau sesuatu, yang memiliki dampak yang sama dengan interest, yaitu kepuasan batin ketika kita memberikannya.

Perbedaan keduanya pun memberikan nilai yang berbeda. Interest memiliki nilai posesif, artinya interest akan dilakukan dengan niat untuk memiliki atau menggengam seseorang dalam kehidupannya. Effeknya adalah terjadinya  komunikasi satu arah, adanya keterpaksaan dari salah satu pihak, atau terjadinya rasa tidak bebas mengepresikan perasaan yang terjadi pada salah satunya.

Sebalikanya, Attention memiliki nilai yang lebih baik. Attention dibangun dari kesadaran dan kesefahaman bersama. Attention menuntut kebersamaan bukan possessiveness. Kesadaran timbul dari hal yang dirasakan, bukan dari yang terlihat. Kesadaran adalah keberanian untuk memilih dan bertanggung jawab atas pilihan. Dalam prosesnya, pengendalian ego menjadi suatu yang tidak terelakan.

 

Perhatian apa yang terjadi dalam kehidupan kita?

Tentu saja keduanya terjadi. Interest muncul ketika mengenali. Attention muncul ketika kita kenal. Hanya saja interest yang baiknya hanya terjadi diawal perkenalan merambah pada proses kenal sehingga menjadikannya siklus interest dan Attention.

Siklus inilah yang menjadi salah satu sebab terjadinya konflik dalam kehidupan kita. Pertentangan yang terjadi antara kita dengan pasangan sering terjadi karena siklus tersebut merambah kehidupan kita. Imbas yang sering terjadi adalah ego yang dimiliki bukannya dikendalikan, malah dikesampingkan. Sering kali kita mengalah (mengesampingkan ego kita) untuk membahagiakan dia. Ini terjadi karena interest turut campur dalam attention kita.

 

Apa yang harus kita lakukan?

Perhatian bisa menjadi pedang dengan dua mata. Perhatian bisa membuat kita bahagia dan perhatian pun bisa membuat kita terluka. Sebagai contoh, sebagian besar perempuan menginginkan untuk lebih banyak ditanyakan tentang kesehariannya, sebagian perempuan yang lain kurang menyukai. Sebaliknya, sebagian besar laki-laki paling tidak suka sering ditanya mengenai kesahariannya, apalagi hal itu hal yang sama. Tetapi sebagian mereka pun suka ditanyakan hal itu. Hal ini menandakan bahwa manusia, secara umumnya, memiliki ruang untuk dibagi (share) dengan yang lain.

Intinya, ada perbedaan pemahaman antara laki-laki dan perempuan dalam memaknai kata perhatian. Bagi perempuan, perhatian yang diinginkan adalah laki-laki tersebut memahami apa yang perempuan itu rasakan saat ini, bahkan kadang ekstrim perempuan ingin laki-laki paham tanpa harus dia bicara; kasarnya laki-laki harus bisa membaca apa yang tertulis di otak perempuanJ. Sebaliknya, perhatian yang diingkan laki-laki adalah perempuan itu mengerti tentang proses yang dilakukan untuk membahagian perempuan tersebut. makanya, terkadang laki-laki sering mengabsen apa yang pernah dia lakukan untuk perempuan itu, ketika perempuan meragu dengan bertanya tentang “Kamu mah ngak perhatian?”

Pemahaman mengenai perhatian baik dari perempuan atau laki-laki tidaklah bersifat mutlak seperti itu. Bisa saja hal itu berlaku sebaliknya. Adalah yang merasakan yang bisa menjawab. Walahu’alam.

 

About johnazka

Menjadi manusia yang bisa mengerti hati dan memahami pikiran

Posted on November 12, 2012, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. bhineka tunggal ika

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: