Audit Surveilance Pertama

Kemarin, tepatnya 17 september 2012.  SMKN 5 Pangalengan menghadapi audit survaillance pertama setelah didapatnya sertifikasi ISO 9001:2008 pada bulan Februari 2012.

Survaillance Audit adalah audit yang dilakukan oleh auditor eksternal dalam hal ini lembaga sertifikasi bertujuan untuk melihat keterlaksanaan prosedur yang telah ditetapkan oleh lembaga yang akan diaudit. Keterlaksanaan tidak hanya dititik beratkan pada keterlaksanaannya, tetapi juga pada kesesuaian antara prosedur dan form yang telah ditetapkan sehingga menjadi rekaman yang memenuhi standar yang digunakan. Dan, ternyata yang menjadi “sasaran empuk” adalah Unit manajemen mutu.

Dengan bertenagakan tiga orang, Unit Manajemen mutu di SMKN 5 pangalengan ditanyakan berbagai kesesuaian antara rekaman dan standar yang ditetapkan oleh SMKN 5 Pangalengan. Dan, hasilnya banyak ditemukan temuan minor yang tidak senada. Temuan minor adalah suatu hal yang wajar tetapi jika ditemukan temuan minor dalam jumlah yang banyak dan mengarah pada satu standar, maka, bisa saja, unit mutu harus melakukan perbaikan yang bersifat major dan imbasnya adalah jika tidak dilakukan akan menyebabkannya menjadi temuan major yang bisa mengakhirkan pada dicabutnya sertifikasi ISO 9001:2008 yang dimiliki saat ini.

Ternyata, bekerja diunit manajemen mutu sangat melelahkan. banyangkan saja, unit ini harus menjaga kualitas mutu lembaga yang pada praktiknya terhubungan dengan semua lini yang ada dilembaga. Cobaan dan tantangannya pun cukup berat, mulai tidak adanya pemahaman tentang ISO, perbedaan faham, atau kesulitan yang bersifat taktis atau praktis yang bisa saja membuat misunderstanding diantara pemangku jabatan.

Nah, inilah sebagian lika liku menjadi staff di Unit Manajemen Mutu. Banyak hal yang masih sulit untuk digambarkan, hanya saja, Alhamdulillah, semua  masih tetap bisa bekerja sama dengan baik dan sertfikasi berlanjut hingga tiga tahun mendatang.

About johnazka

Menjadi manusia yang bisa mengerti hati dan memahami pikiran

Posted on September 17, 2012, in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. huahahaha curhat di sini heuheu,,, ternyata memang tidak mudah, berada dalam tim manajemen itu suatu hal yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya di benak saya.
    Banyak pelajaran yang dapat diambil🙂 lumayan.
    Intinya dalam menghadapi Audit Surveilance adalah pastikan semua report dari audit sebelumnya dikerjakan, khawatir temuan yang tadinya minor tapi karena muncul berkali-kali malah menjadi major.
    Karena pada intinya audit ISO ini adalah perbaikan yang berkelanjutan.

    • tentunya perbaikan berkelanjutan, dan jangan lupa untuk mempelajari dan mengevalusi sistem yang ada, yang diberlakukan, yang akan diberlakukan, dan yang berlaku di institusi lain yang mungkin saja bisa kita terapkan di institusi miliki kita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: